en id

Benny Krisnawardi


Benny Krisnawardi lahir di Batusangkar, Sumatra Barat, 10 Oktober 1967 dan tumbuh di lingkungan keluarga yang menggandrungi musik dan tari. Sejak SMP, Benny sudah menguasai silat Minangkabau. Lalu, ia pun dipercaya menjadi penari tetap Gumarang Sakti Dance Company pimpinan Gusmiati Suid menjelang lulus SMA. Benny meraih beasiswa dari Japan Foundation untuk menempuh pendidikan tari di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Selain menjadi penari, Benny mengemban tugas sebagai asisten dan koreografer di Gumarang Sakti. Benny juga pernah bergabung menjadi penari Cipta Dance Company IKJ pimpinan Sal Murgiyanto dan Pos Indonesia Dance Company pimpinan Tom Ibnur. Pengalamannya bersama sejumlah kelompok tari sangat berpengaruh dalam karirnya sebagai koreografer.

Benny sudah aktif berkarya sejak masih mahasiswa. Karya-karyanya terinspirasi dari fenomena sosial di sekitarnya. Baginya, kedekatan tema dengan dirinya akan memudahkan visualisasi ide ke dalam bentuk koreografi. Benny yang berdarah Minangkabau ini gemar mengeksplorasi gerakan silat Minangkabau dalam berkarya. Ia tidak mengubah pola tradisi yang ada, namun menjadikan tradisi sebagai pegangan untuk melahirkan karya yang inovatif.

Salah satu karyanya bertajuk Si Tua di Kamar Belakang (2005) mengungkap kehidupan orang-orang tua yang dilupakan pada akhir hidupnya. Karya ini dipentaskan pertama kali di Teater Utan Kayu, kemudian tampil pula pada Jakarta Anniversary Festival III dan Indonesian Dance Festival 2006 di Jakarta. Karya ini juga memperoleh Hibah Seni Kelola 2006 untuk kategori Pentas Keliling di kota Padangpanjang, Bukittinggi dan Padang.

Sejak muda, Benny telah melawat ke berbagai ajang festival baik dalam maupun luar negeri. Tak hanya sebagai penampil, ia juga aktif terlibat dalam beberapa perhelatan besar di Indonesia, seperti Pembukaan Sea Games di Palembang (2011). Tahun 2000 Benny membentuk Sigma Dance Theater sebagai wadah kreasi generasi muda sekaligus melestarikan budaya Minangkabau.

Pencapaian

2006

Peraih Hibah Seni Kelola kategori Pentas Keliling untuk karya Si Tua di Kamar Belakang (bersama Sigma Dance Theatre)

Afiliasi

2000

Pendiri dan Pimpinan Sigma Dance Theatre Indonesia

1998

Asisten dosen Teknik Tari Minang dan Koreografi di Institut Kesenian Jakarta (s.d. 2017)

1990

Asisten dan Koreografer di Gumarang Sakti Dance Company (s.d. 2010)

Kontak
Benny Krisnawardi
Email: bkrisnawardi@yahoo.co.id; bennykrisna89@gmail.com
Facebook | Instagram | Youtube

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox