en id

Danis Sugiyanto


Danis Sugiyanto lahir pada 2 Maret 1971 di kampung Mangkuyudan, Surakarta, di mana kegiatan keroncongnya cukup aktif. Ayahnya, Sugiman, adalah seniman karawitan yang dikenal sebagai pemain kendang handal, termasuk dalam pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka Candi Prambanan. Selain latihan dan pentas bersama sang ayah, Danis juga mengikuti ekstrakurikuler seni saat SMP. Tahun 1990, Danis mengambil Jurusan Karawitan di Sekolah Tinggi Seni Indonesia – STSI (sekarang Insitut Seni Indonesia) Surakarta. Kemudian, ia melanjuti studi magister Program Studi Humaniora Pengkajian Seni Pertunjukan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Kiprahnya di dunia keroncong dimulai dengan menjadi anggota Orkes Keroncong Tirtasari dan mendirikan sekaligus berperan sebagai direktur artistik kelompok Swastika. Kelompok ini kerap mengeksplorasi teknik dan bentuk komposisi keroncong yang progresif. Bersama Swastika, ia telah menciptakan beragam karya keroncong eksperimental, salah satunya ”Swabuwana Group” yang dipentaskan di Knejpe Festival, Helsingor, Denmark. Di samping keroncong, Danis juga adalah komponis dan pakar musik gamelan.

Saat mencipta karya, Danis terinspirasi dengan maestro gamelan Rahayu Supanggah dan musisi eksperimental I Wayan Sadra. Sebagian besar karyanya adalah karya kontemporer yang dipengaruhi musik keroncong dan karawitan. Salah satunya ”Samangke”, karyanya ketika bergabung dengan kelompok musik Sonoseni Ensemble, rangkaian komposisi keroncong yang berpadu dengan beberapa sumber musik seperti karawitan, folk, bahkan blues.

Dosen Jurusan Karawitan ISI Surakarta ini kerap berkolaborasi dengan sejumlah seniman, di antaranya menjadi komponis dalam pembuatan album Anjarany (1996) dan Waljinah (2008) serta teater “La Galigo” karya sutradara Robert Wilson. Ia juga sering diundang mengajar gamelan di tingkat lokal maupun mancanegara. Tahun 1997, ia pernah menjadi staf lokal KBRI Santiago, Chile selama tiga tahun. Danis menerima beasiswa Fulbright 2017 untuk residensi di University of Richmond, Virginia.

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox