en id

I Made Arnawa


I Made Arnawa adalah komponis asal Desa Tunjuk, Tabanan, Bali yang lahir pada tahun 1960. Arnawa menempuh pendidikan seni karawitan di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (sekarang Institut Seni Indonesia – ISI) Denpasar. Tahun 2001, ia mengambil program pascasarjana Penciptaan Seni pada periode awal pembukaanya di ISI Surakarta. Di sinilah ia mendapatkan bimbangan dari komponis dan etnomusikolog Jerman, Dieter Mack.

Dalam karyanya, Arnawa mengembangkan kreasi gamelan Bali dari sisi struktur dan laras tanpa meninggalkan estetikanya. Dalam karya “Komposisi 5” (2003), Arnawa menggabungkan gamelan angklung (slendro 4 nada) dengan gamelan gong kebyar (pelog selisir, 5 nada). Meski kombinasi ini sangat jamak terjadi, namun Arnawa memainkannya seperti suatu laras baru dengan sembilan nada. Dari pengalaman tersebut, ia mulai menciptakan karya dari perangkat “gamelan pendro”, yang mengkombinasikan laras pelog dengan slendro. Salah satu karyanya dari kreasi gamelan pendro, “Genta Hradaya” meraih dukungan Hibah Seni Kelola kategori Karya Inovatif tahun 2014.

Arnawa sempat mengajar di ISI Denpasar sesaat setelah lulus S1 hingga menjabat sebagai Ketua Jurusan Karawitan. Sebagai komponis, Arnawa kerap diundang tampil di berbagai festival dalam dan luar negeri, seperti festival gamelan di Rotterdam dan Amsterdam. Ia juga pernah didaulat sebagai “Guest Music Director” saat bekerja sama dengan grup gamelan Sekar Jaya di California, Amerika Serikat. Kini, ia aktif berkarya bersama grup gamelan Taruna Mekar di desa asalnya.

Pencapaian

2014

Peraih Hibah Seni Kelola kategori Karya Inovatif untuk karya “Genta Hradaya

Kontak

I Made Arnawa

Email: koplet.tunjuk@gmail.com

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox