en id

M Halim


Muhammad Halim yang sering disapa Mak Lenggang atau M. Halim Sutan Malenggang lahir di Negeri Lasi, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatra Barat pada tanggal 31 Desember 1962. Minatnya pada seni musik tumbuh karena sering mendengar suara saluang ketika mengembala sapi di sawah. Sejak usia 14 tahun, ia mulai belajar meniup saluang dengan Atik Acin lalu Anas S.T Sakti. Bahkan, ia juga membuat alat musik saluang sendiri. Serius mendalami musik, Halim menempuh pendidikan sarjana di Akademi Seni Karawitan Indonesia (sekarang Institut Seni Indonesia – ISI) Padangpanjang dan program S2 di ISI Surakarta.

Sebagian besar karya Halim memiliki unsur Minang yang kental, terutama instrumen saluang. Meski kadangkala Halim memadukan unsur bunyi lain dengan musik saluangnya. Hasil eksplorasinya ini biasanya diletakkan pada bagian pembukaan komposisi musiknya. Dalam karya “Bagurau”, Halim menggunakan instrumen saluang dan klarinet dengan modus Minang yaitu heptatonic (la, do, re, mi, fa, sol, la).

Sebagai komponis, ia juga membuat aransemen lagu-lagu klasik Minangkabau, seperti dalam “Mbolah,” sebuah karya yang berdasarkan karya “Padagongan” karya musik yang lahir di Payah Kumbuah. Halim adalah pengajar di Program Studi Seni Musik, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang. Selain itu, ia kerap memberikan lokakarya seni musik Minang di luar kampus hingga mancanegara, mulai dari New Zealand, Amerika Serikat, Belanda, dan lain sebagainya.

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox