en id

Ery Mefri


Ery Mefri lahir 23 Juni 1958 di Saningbakar, Solok, Sumatera Barat. Ia dibesarkan di lingkungan keluarga yang lekat pada tradisi Minangkabau. Sang Ayah, Jamin Manti Jo Sutan adalah seorang penari dan tokoh tradisi Minangkabau. Sejak kecil Ery sudah akrab dengan kesenian khas Minangkabau karena mengikuti sang ayah melatih pemuda dan mengisi acara di berbagai tempat. Ery pun mengembangkan bakatnya dengan bersekolah di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) di Padangpanjang (sekarang SMKN 7 Padang).

Ketekunannya berlatih baik di sekolah maupun di luar sekolah, membuatnya terpilih menjadi penari Gusmiati Suid. Ia berpegang pada falsafah Minang alam takambang jadi guru, berarti alam terkembang adalah guru. Berangkat dari tradisi Minang, ia kerap mengolah tradisi dan mengeksplorasi suara serta permainan kostum.Tahun 1994, Ery mengikuti workshop koreografi di American Dance Festival di Durham, Amerika Serikat. Perjalanan ini menandai babak baru dalam proses kreatifnya. Sepulang dari Amerika, Ery menggarap karya “Big Question” yang ditampilkan di Indonesian Dance Festival III di Jakarta.

Ery mendirikan kelompok tari Nan Jombang pada tahun 1982. Bersama Nan Jombang, Ery aktif melahirkan karya dan melawat ke berbagai negara. Sejak 2013, ia menginisiasi Festival Nan Jombang Tanggal 3 sebagai kontribusi Nan Jombang pada pelestarian kesenian tradisi. Setahun kemudian, Ery juga membuat festival tahunan pertunjukan kontemporer KABA Festival yang mempertemukan seniman dengan direktur festival, manajer dan produser dari dalam dan luar negeri. Nan Jombang juga aktif menggelar diskusi di lading tarinya.

Ery sempat menjadi pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Ia juga pernah menerima Hibah Seni Kelola 2011 kategori Pentas Keliling untuk karya “Rantau Berbisik” yang dipentaskan di Bandung, Bengkulu dan Lampung. Pada tahun 2016, Ery meraih Anugerah Kebudayaan kategori Pencipta, Pelopor, dan Pembaharu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox