Hibah Seni

#d38020

Indonesia memiliki banyak seniman berbakat yang aktif berkarya tanpa dukungan memadai. Untuk mendorong seniman agar terus menghasilkan karya dengan kualitas yang semakin baik, maka sejak tahun 2001, Kelola menawarkan program Hibah Seni.

Hibah Seni Kelola adalah program yang mendukung peningkatan kualitas seniman Indonesia dalam menghasilkan karya inovatif dan pementasan karya terbaiknya. Hibah ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam tata kelola pertunjukan seni melalui pemberian dana hibah untuk bidang seni pertunjukan yang terbuka bagi semua seniman di Indonesia. Dukungan hibah seni digunakan untuk memproduksi karya baru yang melintasi batas-batas baku dan menjelajahi kemungkinan-kemungkinan baru.

Program ini terbuka bagi semua seniman Indonesia. Proposal pertunjukan yang diajukan akan diseleksi oleh tim pakar independen yang keanggotaannya selalu berganti. Sebagai bentuk tanggung jawab, peraih hibah diminta untuk memberikan laporan tertulis, dokumentasi video dan foto, serta catatan penggunaan dana hibah. Sehingga secara tidak langsung seniman dapat mengasah keterampilan manajemen produksi, belajar bagaimana mengorganisir dan mempertanggungjawabkan bantuan yang diberikan.

Kategori Hibah Seni:

  • Karya Inovatif: Mendukung seniman/kelompok kesenian untuk memproduksi karya baru yang melintasi batas-batas baku dan menjelajahi kemungkinan-kemungkinan baru.
  • Pentas Keliling: Mendukung seniman/kelompok kesenian yang berpengalaman untuk mementaskan kembali karya terbaik atau terpilihnya di hadapan penonton baru, dan di luar wilayah domisilinya.
  • Hibah Seni “Kolaborasi Inovatif”: Mendukung seniman/kelompok kesenian untuk memproduksi karya baru dengan gagasan yang diciptakan dua seniman atau lebih dengan metode kolaborasi yang setara.
Untuk tahun 2019, Hibah Seni Kategori Pentas Keliling tidak dibuka.
Kontak dan Informasi:  hibahseni@kelola.or.id