Hibah Cipta Perempuan

Hibah Cipta Perempuan merupakan kelanjutan dari program Pemberdayaan Seniman Perempuan/Empowering Women Artists (EWA) yang diinisiasi Kelola pada tahun 2007 sebagai tanggapan terhadap kurangnya jumlah seniman perempuan yang berkesempatan mendapatkan hibah.

Selama tiga periode, EWA berhasil memunculkan sutradara, koreografer, dan komposer perempuan berbakat yang kehadirannya memberikan andil dalam seni pertunjukan. Meneruskan apa yang telah dirintis EWA, dukungan Hibah Cipta Perempuan hadir untuk mewujudkan satu karya baru dari masing-masing seniman perempuan terpilih melalui pendampingan dari praktisi seni berpengalaman selama proses berkarya. Hibah Cipta Perempuan diharapkan semakin mendorong munculnya seniman-seniman perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan diri melalui perwujudan karya.

Di program ini, 2 atau 3 seniman perempuan akan mendapatkan dukungan untuk menciptakan satu karya dan pendampingan selama proses pembuatan karya. Kami percaya, berkarya secara intensif akan memberikan seniman pengalaman untuk mengatasi beragam masalah yang muncul saat berusaha mewujudkan gagasan menjadi karya. Proses pengayaan pengalaman inilah yang menjadi salah satu tujuan utama dari program Hibah Cipta Perempuan, bukan hasil pertunjukan yang ditampilkan.