en id

Kelola, sebagai sebuah yayasan yang bergerak di bidang pemberdayaan seni, menggagas sebuah program magang yang dapat diikuti oleh seniman Indonesia. Magang Nusantara adalah sebuah program pembelajaran yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan menyediakan kesempatan bagi para pelaku seni Indonesia untuk memperdalam pengetahuan dan mengembangkan keahlian dalam bidang manajemen seni di lembaga-lembaga seni dan budaya terkemukan di Indonesia yang menjadi Organisasi Tuan Rumah (OTR) magang.

Melalui program ini, peraih memperoleh kesempatan untuk berada dalam suatu lingkungan kerja yang baru, bersentuhan langsung dengan kegiatan, merasakan budaya kerja, dan bahkan bekerja bersama pakar-pakar terbaik di bidangnya. Selain bisa belajar dan mengenal cara kerja yang lain, peraih juga bisa membentuk jejaring kerja seni lewat kesempatan pertemuan dengan banyak pelaku maupun organisasi seni lain di tempat magang. Usai program, peraih diharapkan bisa membagikan pengalamannya kepada komunitas seni di tempat asalnya dan menjalin kerja sama dengan mitra-mitra yang menjadi jejaringnya agar kehidupan berkesenian itu terus tumbuh dan berkembang.

Sejak diluncurkan pada tahun 2000, Magang Nusantara telah memiliki lebih dari seratus alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang seni, melalui praktek kerja di organisasi seni budaya terkemuka. Institut Fran├žais Indonesia (IFI) Jakarta, Goethe Institut, JiFFest, Kineforum, Museum dan Galeri Foto Antara, Teater Koma, The Japan Foundation, Teater Satu, Saung Angklung Udjo, Selasar Sunaryo Art Space, Lembaga Indonesia Prancis/Institut Fran├žais Indonesia Yogyakarta, Sanggar Tari Didik Nini Thowok, Teater Garasi dan Yayasan Bagong Kussudiardja adalah Organisasi Tuan Rumah (OTR) Magang Nusantara.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing tuan rumah, peraih magang belajar bagaimana mengelola organisasi budaya atau sanggar, penyusunan program, manajemen panggung hingga manajemen perfilman. Sasaran yang diharapkan dari program magang adalah peserta bisa berbagi pengalaman serta wawasan yang diperoleh kepada komunitas seni di daerah asal dan menjalin kerja sama dengan jejaring baru yang terbuka saat program berlangsung.

Open Call Magang Nusantara 2020 sudah dibuka sampai tanggal 22 Februari 2020!

Untuk tahun 2020, Organisasi Tuan Rumah Magang Nusantara adalah:

  1. Museum MACAN, Jakarta
  2. Teater Satu, Lampung
  3. The Japan Foundation, Jakarta
  4. Goethe Institut Jakarta
  5. Cemeti – Institut untuk Seni dan Masyarakat, Yogyakarta

Pedoman pendaftaran dan formulir Magang Nusantara 2020 dapat diakses melalui tautan berikut: bit.ly/formMN2020

Kontak dan Informasi: magang@kelola.or.id

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox