Magang Nusantara

#c82129

Sejak diluncurkan pada tahun 2000, Magang Nusantara telah memiliki lebih dari seratus alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang seni, melalui praktek kerja di organisasi seni budaya terkemuka.

Institut Français Indonesia (IFI) Jakarta, Goethe Institut, JiFFest, Kineforum, Museum dan Galeri Foto Antara, Teater Koma, The Japan Foundation, Teater Satu,  Saung Angklung Udjo, Selasar Sunaryo Art Space, Lembaga Indonesia Prancis/Institut Français Indonesia Yogyakarta, Sanggar Tari Didik Nini Thowok, Teater Garasi dan Yayasan Bagong Kussudiardja adalah Organisasi Tuan Rumah (OTR) Magang Nusantara.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing tuan rumah, peraih magang belajar bagaimana mengelola organisasi budaya atau sanggar, penyusunan program, manajemen panggung hingga manajemen perfilman.

Sasaran yang diharapkan dari program magang adalah peserta bisa berbagi pengalaman serta wawasan yang diperoleh kepada komunitas seni di daerah asal dan menjalin kerja sama dengan jejaring baru yang terbuka saat program berlangsung.

“Magang Nusantara menjadi tempat belajar saya mempraktekkan ilmu pengelolaan produksi pertunjukan dan memperdalam kemampuan mencari sponsor. Keahlian ini, selanjutnya akan saya apliksikan di komunitas tempat saya berasal.” – Chandra Kudapawana, Subang-Jawa Barat, Peraih Magang Nusantara di Teater Satu Lampung, 2011