en id

Dwi Windarti


Dwi Windarti adalah penari dan koreografer kelahiran Yogyakarta, 12 Oktober 1982. Sejak kecil bakat seni Winda sudah terlihat dengan kerap mengikuti pentas tari modern (disko) di sekolah dan kampung-kampung. Namun awalnya pendidikan seni ia dapatkan secara formal dengan menempuh pendidikan teater di SMKI Yogyakarta, baru kemudian dilanjutkan dengan kuliah di jurusan tari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pada tahun 2001.

Pengalaman Winda banyak didapat saat bergabung di Solo Dance Studio pimpinan Eko Supriyanto dan kelompok tari IE (Independent Expression). Sebagai penari, ia pernah terlibat dalam karya-karya koreografer dan seniman pertunjukan Indonesia ternama, seperti Eko Supriyanto, Ni Kadek Yulia, Slamet Gundono, Rini Endah, Mugiyono Kasido, S. Pamardi, Fajar Satriadi, Miroto, dan Deny Malik.

Pada tahun 2007, ia mendapatkan kesempatan mengikuti lokakarya tari bersama Lim Hwan Min, koreografer asal Taiwan yang diselenggarakan oleh Yayasan Kelola di Surakarta. Pengalaman ini sangat mempengaruhi karya-karyanya hingga kini yang sering menampilkan variasi gerakan sederhana yang repetitif. Sebagian besar karya Winda terinspirasi dari permasalahan perempuan. Oleh sebab itu, ia menganggap karyanya bagaikan catatan perjalanan hidup.

Winda meraih Hibah Seni Kelola 2010 untuk karya “Mencari Harmoni”, serta hibah program Empowering Women Artist Kelola untuk karya “Women ON” (2012) dan “Roro Mendut” (2013). “Roro Mendut” adalah karya Winda yang paling banyak dipentaskan dalam beberapa versi dan menjadikannya sangat identik dengan karyanya ini.

Meski lebih dikenal sebagai penari dan koreografer, Winda tak meninggalkan dunia teater. Pada tahun 2011, Winda menggarap naskah berbahasa Jawa berjudul ROI. Ia juga berakting pada film “Opera Jawa” karya Garin Nugroho dan terlibat pada produksi Teater Garasi “Gong Ex Machina“.

Artist’s Statement

Karya-karya pertunjukan saya hingga sekarang berbicara tentang masalah-masalah perempuan yang berangkat dari pengalaman pribadi. Selain itu, saya selalu membuat inovasi bentuk dalam setiap karya dengan menggunakan elemen-elemen di luar tari, seperti seni visual, video dan bidang multimedia lainnya. Pada awal proses berkarya, saya mendiskusikannya bersama orang-orang yang bisa menjadi partner dalam bertukar gagasan, meskipun mereka tidak selalu terlibat langsung. Setelah saya menentukan konsep bentuk garapan, saya mengembangkannya dengan para penari dan pendukung karya. Dalam ranah koreografi, saya jarang meminta penari untuk menciptakan gerak. Saya bertanggung jawab penuh atas koreografi dalam karyanya, kemudian penari cukup menghafalkannya. Hal ini karena saya terbiasa bekerja dengan para penari murni yang kesulitan jika saya membebaskan tubuh mereka untuk menciptakan gerakannya sendiri.

Pencapaian

2012

Peraih Hibah dalam program Empowering Women Artists (2012-2013) untuk karya “Women ON” dan “Roro Mendut” 

2010

Peraih Hibah Seni Kelola kategori Karya Inovatif untuk karya “Mencari Harmoni”

2000

Pemenang kategori pemain wanita berbakat dalam Festival Teater Yogyakarta

Afiliasi
Penari di Solo Dance Studio, Surakarta
Penari di Independent Expression, Surakarta
Penari di D’Bannana Cabaret and Cultural Show, Batam

Kontak
Dwi Windarti
Email: windartidance@gmail.com
Website | Facebook | Instagram | Youtube

Sign Up For Our Newsletter

Stay update and get our latest news right into your inbox